Putussibau (15/5) ini merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk penyelarasan program antara Pemerintah Daerah  (PemDa) dalam hal ini program-program SKPD terkait dengan  NGO yang memiliki program di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan rapat ini dihadiri perwakilan-perwakilan dari dinas terkait di Kabupaten Kapuas hulu BAPPEDA, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, KPH, Pemerintahan Desa,  TNBKDS, Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian. Serta perwakilan dari pihak LSM yang hadir seperti Institut Swandiri, KOMPAKH, POKMASWAS, YRJA/ Rangkong Indonesia, LPHD Bumi Lestari, FOKKAB, dan TFCA yang merupakan donatur utama bagi LSM yang bekerja di wilayah Kapuas Hulu ini.

Dalam kegiatan ini KOMPAKH yang mengawangi program pengembangan ekowisata berbasis masyarakat di Desa Bungan Jaya dan Tanjung Lokang mempresentasikan mengenai perkembangan program selama kurang lebih 9 bulan berjalannya program ini di kedua desa tersebut. Dengan poin menyampaikan bahwa program di laksanakan secara spesifik di kawasan TNBK, program KOMPAKH yang di support oleh TFCA siklus 4 ini dibuat karena  adanya isu-isu strategias seperti : konflik sosial khususnya di Desa Tanjung Lokang, lambatnya pertumbuhan ekonomi karena banyaknya aturan pemerintah, ketidakpahaman masyarakat atas program-program dari pemerintah, menekankan lokasi utama program yang berpusat di Kabupaten Kapuas hulu dan semua pihak harus dapat bekerjasama dengan baik. Salah satu strategi keberlanjutan yang akan diterapkan adalah melalui pengelolaan berbasiskan masyarakat.

Dengan diadakannya kegiatan rapat koordinasi ini diharapkan segala pihak dapat saling paham terhadap program masing-masingnya sehingga dapat terjadinnya kolaborasi yang tepat guna demi berkembangnya wilayah yang diinginkan.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.