dsc_0201

dsc_0312

dsc_0062

         Komunitas Pariwisata Kapuas Hulu (KOMPAKH) merupakan organisasi yang memberanikan diri mendorong pengembangan Ekowisata yang berbasiskan masyarakat, Bertanggung Jawab dan Berkelanjutan di Kabupaten Kapuas Hulu. Visinya yaitu membangun pariwisata bertanggung jawab dengan menekankan peran serta dari masyarakat setempat sebagai bagian dari pembangunan ekonomi berbasis pelestarian alam dan budaya di Kabupaten Kapuas Hulu. Beranjak dari visi tersebut, KOMPAKH dengan subgrand dari WWF – I mencoba untuk mengembangkan ekowisata berbasiskan masyarakat di Desa Nanga Raun dengan dana dari ICCAs.

            ICCA’s (Indigenous Peoples’ and Community Conserved Territories and Areas) merupakan sebuah pengakuan terhadap suatu wilayah yang dikeramatkan, dilindungi, atau dikelola secara berkelanjutan oleh masyarakat melalui insiasif sendiri baik dengan latar belakang budaya, adat, maupun ekonomi.  Wilayah ICCAs dapat berupa bentang alam atau ekosistem hutan maupun danau atau perairan yang secara adat merupakan wilayah penting dan secara sukarela dilindungi dan dimafaatkan secara berkelanjutan melalui peraturan dan praktek-praktek tradisional oleh masyarakat setempat. Pada umumnya, ICCAs adalah kawasan yang dikelola oleh hukum adat secara komunal atau berdasarkan hak kolektif oleh masyarakat adat.

            Pada tanggal 14 Juni 2017 Tim KOMPAKH melakukan identifikasi potensi di Bukit Tilung untuk mengetahui kondisi faktual, baik dari sisi Ekonomi, Sosial, Flora dan Fauna dan daerah yang memiliki daya tarik yang besar dalam bidang ekowisata serta dapat bersaing di pasar ekowisata.

dsc_0442dsc_0468-copydsc_0463

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.